top of page
  • Writer's pictureabi mangku

Digital Marketing di 2023


Wah, ternyata mengikuti tren digital marketing bisa jadi cukup ribet ya. Apalagi kalau terus-menerus ada perubahan. Makanya sesekali kita harus mempertimbangkan apa yang akan terjadi di masa depan, biar gak ketinggalan zaman. Iya nggak sih?


Kalau kita lihat, setiap beberapa tahun selalu muncul platform baru kayak Snapchat, Instagram, atau Facebook Messenger. Padahal dulu, 20 tahun yang lalu, digital marketing bahkan belum ada. Jadi, kalau mau tahu kemana arahnya, yang terbaik adalah dengan memprediksi masa depan. Meskipun sih gak bisa dibilang pasti, tapi setidaknya kita bisa membuat keputusan terbaik yang didasari oleh pengetahuan yang kita miliki.


Nah, ngomong-ngomong, apa sih tren digital marketing yang bakal nge-hits di tahun 2023? Ada beberapa yang bisa kita cermati, seperti hubungan dengan influencer, konten yang dihasilkan oleh pengguna, peningkatan pengalaman pengguna melalui UI/UX, dan peningkatan penggunaan artificial intelligence dan otomasi. Influencer marketing misalnya, diperkirakan bakal mencapai angka 16,4 miliar dolar AS pada tahun 2022.


Wow, gak nyangka kan? Selain itu, konten yang dihasilkan oleh pengguna juga bisa meningkatkan kredibilitas suatu merek. Dan tentunya, peningkatan pengalaman pengguna melalui UI/UX juga penting banget, biar orang-orang betah dan mau terus menggunakan produk atau jasa kita. Oh iya, gak ketinggalan juga, artificial intelligence dan otomasi yang semakin banyak digunakan untuk personalisasi konten dan otomasi tugas. Jadi, kita harus selalu update sih, biar gak ketinggalan tren.


Jadi, sekarang kita sudah tahu beberapa tren digital marketing yang bakal nge-hits di tahun 2023. Mulai dari hubungan dengan influencer, konten yang dihasilkan oleh pengguna, peningkatan pengalaman pengguna melalui UI/UX, hingga peningkatan penggunaan artificial intelligence dan otomasi. Jadi, jangan sampai ketinggalan zaman ya! Update terus pengetahuan kita tentang tren-tren tersebut, supaya bisnis kita bisa terus maju dan sukses di era digital seperti sekarang ini.


Ayo, jangan takut untuk mencoba tren-tren baru yang bisa meningkatkan bisnis kita. Selain itu, jangan lupa untuk terus memantau perkembangan tren-tren tersebut, supaya bisa selalu update dan tidak ketinggalan zaman. Kita pasti bisa sukses di dunia digital marketing, asalkan kita terus belajar dan berinovasi. Ayo, mulai sekarang!

15 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page